Hal-hal unik dan menarik di Alkitab part 2

Tidak ada komentar:
1. Waktu Tuhan Yesus disalib, Ia ditonton ama banyak orang. Setelah Ia mati, pada ngapain ya orang-orang yang nonton itu? (Lukas 23:48)

2. Waktu Simson dibotaki ama musuh-musuhnya, ia sedang tidur. Dimanakah ia tidur waktu itu? (Hakim-hakim 16:19)

3. Waktu dilempari batu, bagaimanakah posisi badan Stefanus? (Kisah Rasul 7:60)

4. Sedangkan orang-orang yang melempari Stefanus? (Kisah Rasul 7:57)

5. Ketika Elisa dipanggil sebagai nabi menggantikan Elia, sedang apakah dia? (1 Raja-raja 19:19)

6. Paulus dan Petrus pernah dilepaskan dari penjara oleh Tuhan secara ajaib. Kalo Paulus waktu itu sedang memuji Tuhan dan kemudian terjadi gempa sehingga meruntuhkan belenggu penjara. Kalo Petrus waktu dilepaskan dari penjara sedang ngapain ya? (Kisah Rasul 12:6)

7. Pasti tau kan ajaran Yesus soal pipi kanan-pipi kiri. Yang ditampar itu pipi sebelah mana ya? (Matius 5:39)

8. Yudas Iskariot menyesal telah menyerahkan Yesus ke tangan ahli Taurat dan orang Farisi, iapun memutuskan untuk bunuh diri dengan cara gantung diri. Setelah mati, jatuhnya gimana ya? (Kisah Rasul 1:18)

9. Ketika Yesus berkhotbah ucapan bahagia, bagaimanakah posisiNya? (Matius 5:1)

10. Ketika Filipus bertemu dengan sida-sida dari tanah Etiopia, sedang apakah sida-sida itu? (Kisah Rasul 8:28)

11. Musa mengutus 12 pengintai ke tanah Kanaan, kita tahu nama dua orang dari mereka adalah Yosua dan Kaleb. Siapakah nama kesepuluh orang lainnya? (Bilangan 13)

12. Siapa nama ketiga sahabat Ayub? (Ayub 2:11)

13. Sadrakh, Mesakh dan Abednego sebetulnya bukanlah nama mereka sebenarnya. Siapakah nama mereka yang sebenarnya? (Daniel 1:7)

14. Siapa yang memberikan nama itu kepada mereka? (Daniel 1:7, 3)

15. Daniel dan semua tawanan raja Nebukadnezar yang berasal dari keturunan raja dan dari kaum bangsawan, sebelum mereka nantinya bekerja pada raja, mereka harus dididik selama berapa tahun? (Daniel 1:5)

16. Daniel ditawan oleh Nebukadnezar pada waktu pemerintahan raja siapa di Yehuda? (Daniel 1:1)

17. Pada waktu apa bangsa Israel keluar dari Mesir? Pagi, siang, sore atau malam? (Ulangan 16:1)

18. Pada bulan apa bangsa Israel keluar dari Mesir? (Ulangan 16:1)

19. Pada waktu Yosua mengutus 2 orang pengintai ke tanah Kanaan, mereka diselamatkan oleh Rahab, seorang perempuan sundal. Dimanakah rumah Rahab? (Yosua 2:15)

20. Berapakah jumlah pasukan Israel yang maju berperang memasuki tanah Kanaan? (Yosua 4:13)

21. Ketika pasukan mengelilingi tembok Yerikho, barisan yang paling depan adalah para imam yang mengangkat Tabut Perjanjian, sedangkan pasukan Israel berjalan di belakangnya. Berapa jarak antara pasukan Israel dengan para imam yang mengangkut Tabut Perjanjian itu? (Yosua 3:4)

22. Setelah meruntuhkan tembok Yerikho, bangsa Israel berperang melawan Ai, kota kecil, tetapi kalah. Berapakah yang tewas dari orang Israel yang berperang melawan Ai? (Yosua 7:5)

23. Berapa sih jumlah raja-raja yang dikalahkan oleh Yosua? (Yosua 12:24)

24. Siapakah nama suami Debora, seorang nabiah, yang membantu Barak berperang melawan Sisera? (Hakim 4:4)

25. Gideon mengalahkan orang-orang Midian dengan 300 orang pasukan. Pada awalnya dia membawa berapa orang sebelum akhirnya diseleksi oleh Tuhan? (Hakim 7:3)


Lihat Hal-hal kecil dan menarik di Alkitab part 1 disini

MP3 bible reading free

Tidak ada komentar:
Iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus (Roma 10:17)

Download MP3 pembacaan Alkitab di Amazon GRATIS
pembacaan Alkitabnya dalam versi bahasa Inggris (King James version)


KJV Old Testament - King James Version (Dramatized)
KJV New Testament - King James Version (Dramatized)

Ceklist membaca Alkitab dalam 90 hari

Tidak ada komentar:
Berikut ada ceklist membaca Alkitab dalam 90 hari (3 bulan). Kalau berhasil menyelesaikan sesuai ceklist ini, kemudian mengulanginya lagi berarti dalam setahun kita bisa membaca Alkitab dari Kejadian-Wahyu sebanyak 4 x lho, keren yaa... Cukup berat, karena dalam sehari banyak banget yang harus dibacanya, tapi semangat ya, pasti bisa kok.

Silakan klik gambarnya untuk mendownload nya, atau di link berikut ini http://alkitabku.blogspot.com/p/free-download.html
ceklist membaca Alkitab dalam 90 hari

Pengelompokan kitab-kitab di Alkitab kita

Tidak ada komentar:
Alkitab kita terdiri dari 39 kitab Perjanjian Lama dan 27 kitab Perjanjian Baru. Ke 66 kitab itu dapat dikelompokkan lagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan isi kitab atau tujuan kitab itu ditulis. 

Ada kitab Hukum yaitu 5 kitab pertama di Alkitab yang ditulis oleh Musa. Kemudian ada kitab Sejarah di Perjanjian Lama yang menceritakan perjalanan bangsa Israel sejak keluar dari tanah Mesir. Kemudian ada kitab Puisi yang sebagian besar ditulis oleh Salomo. Ada kitab Nabi kecil dan Nabi besar, ada kitab Injil yang terdiri dari 4 kitab pertama di Perjanjian Baru, kemudian ada kitab yang berisi surat-surat Paulus ke jemaat-jemaat dan seterusnya.

Lebih lengkapnya ada di gambar disamping yaaa... klik untuk memperbesar dan boleh didownload gratis.

Bermain mengelompokkan nama kitab di Alkitab menggunakan bendera

Tidak ada komentar:
Ada 39 kitab di Perjanjian Lama dan 27 kitab di Perjanjian Baru, dan tidak semua orang hafal urutannya. Mengurutkan nama-nama kitab di Alkitab tentu seru untuk dijadikan permainan. Bisa menggunakan gelas seperti di postingan kemarin, atau menggunakan bendera-bendera kecil yang ditempel di sumpit atau sedotan.

Permainan berikut lebih sederhana karena hanya memisahkan mana kitab yang ada di Perjanjian Lama atau Perjanjian Baru.

Cara bermainnya:
1. Siapkan bendera-benderanya dan simpan dalam sebuah gelas. Bendera-benderanya bisa didownload di link berikut kemudian diprint dan ditempelkan di sumpit atau sedotan.
2. Siapkan 2 buah gelas bertuliskan 'Perjanjian Lama' dan 'Perjanjian Baru'
3. Mainkan dalam kelompok
4. Anggota kelompok secara bergiliran diminta memasukkan bendera kedalam gelas yang sesuai.
5. Beri waktu yang singkat supaya permainan bertambah seru

Bermain mengurutkan nama kitab di Alkitab

Tidak ada komentar:
Permainan Alkitab
Perlu icebreaker yang tidak memakan waktu lama tapi seru? Mari bermain mengurutkan nama-nama kitab di Alkitab.

Caranya, siapkan gelas plastik dan tuliskan nama-nama kitab di Perjanjian Lama atau Perjanjian Baru di bagian atas gelas (tulis secara terbalik, seperti gambar disamping). Mengurutkan nama-nama kitabnya dengan cara menumpuk gelas seperti gambar disamping. Pisahkan antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru supaya lebih mudah.

Tips supaya permainan bertambah seru:
> pasang timer
> putar lagu dengan tempo yang cepat
> mainkan secara grup, dan anggota grup bergiliran menumpuk gelasnya sesuai urutan

Have Fun!!

Paperdoll Cerita Natal

Tidak ada komentar:
Sebulan lagi hari Natal. 
Kebanyakan anak sudah sering mendengar cerita kelahiran Yesus pada waktu perayaan Natal dan mungkin jadi bosan.
Paperdoll berikut ini bisa jadi alternatif untuk menceritakan kisah Natal atau untuk dipakai sebagai aktifitas di kelas sekolah minggu.

Link downloadnya bisa didapat di 

Ide menceritakan kisah Natal

Tidak ada komentar:
Sebentar lagi Natal, pastinya di semua sekolah minggu akan ada cerita Natal.
Kebanyakan cerita Natalnya sama karena memang hanya ada satu peristiwa kelahiran Yesus kan? 
Supaya anak tidak bosan mendengarnya, mungkin perlu dicoba cara lain karena hampir semua anak sekolah minggu sudah pernah mendengar cerita Natal lebih dari satu kali, dan mereka sudah hapal!

Kalau cerita Natal di moment perayaan yang besar, kita bisa menggunakan panggung boneka atau drama 
Tapi bagaimana kalo di kelas reguler di hari Minggu?
Harus disiasati supaya anak-anak tidak menjadi bosan

Bagaimana kalau diceritakan dari sudut pandang lain?
Saya pernah mencoba menceritakan kisah Natal dengan menjadi si pemilik kadang domba
Saya berusaha menggambarkan bagaimana si pemilik kadang domba melihat Yusuf dan Maria yang hendak melahirkan dan mendatangi penginapan saya tapi kamarnya sudah penuh semua.
Tentunya saya tidak menyebutkan nama Yusuf dan Maria, tapi saya ganti dengan sepasang suami istri dari kota lain, yang sedang berkunjung ke Nazareth karena ada sensus penduduk
Jadi...kelahiran Yesus diceritakan oleh pemilik kadang domba, tentunya berbeda kan?
Pengalaman saya waktu itu sih, anak-anak terlihat penasaran dan tidak bosan padahal cerita Alkitabnya sebetulnya mereka sudah tahu



Mengajarkan GRACE/kasih karunia kepada anak kecil

Tidak ada komentar:
Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, (Efesus 2:8)

Keselamatan kita adalah kasih karunia dari Allah. Namanya kasih karunia itu gratis. Kita tidak diselamatkan karena perbuatan baik kita, atau kepandaian kita, atau karena kita kaya dan sebagainya. Kita menerima keselamatan berdasarkan kasih karunia / anugrah, melalui iman kita. Dan tentunya iman kita ini yang akan menghasilkan perubahan dalam hidup kita.

Permainan berikut ini dapat digunakan untuk mengajar anak kecil tentang kasih karunia / anugrah keselamatan didalam Yesus Kristus

Paperdoll cerita Alkitab kelahiran Musa

Tidak ada komentar:
Buat yang suka membuat paperdoll, boleh dicoba membuat paperdoll cerita tentang bayi Musa yang dihanyutkan di sungai Nil dan ditemukan oleh Putri Firaun. 

Paperdoll ini buatan Martin Didier di websitenya www.mylittlehouse.org hanya untuk dipakai pribadi dan tidak untuk dijual.
Berikut adalah link untuk mendownload paperdoll nya
http://www.mylittlehouse.org/images/mini-world/princess-and-baby/bible-miniworld-princess-baby-model.pdf

Free download - ceklist membaca Alkitab

Tidak ada komentar:
hai teman-teman,
wah sudah lama tidak posting nih,
meskipun banyak ide di kepala dan belum sempat dikerjakan.
dikerjakan satu per satu dulu aja ya...

Berikut ini, saya upload daftar ceklist membaca seluruh Alkitab,
dari Kejadian sampai Wahyu
pasal per pasal dari semua kitab tersedia, tinggal contreng ketika sudah dibaca

Disembuhkan

Tidak ada komentar:
Banyak sekali cerita Alkitab tentang kesembuhan.
Bisakah kamu menyebutkan apa sih penyakit mereka ini pada waktu mereka disembuhkan?

1. Naaman
2. 10 orang yang disembuhkan Yesus
3. Perempuan yang menjamah jubah Yesus (Matius 9:20-22)
4. Bartimeus
5. Ayub
6. Ibu mertua Petrus (Matius 8:14)
7. Hamba dari perwira di Kapernaum (Matius 8:5-13)